SENI BERPIKIR KREATIF DALAM MATEMATIKA
Aktivitas matematika yang kreatif memberi ruang seseorang mencipta sesuatu
melalui matematika dan membuat sesuatu yang kompleks menjadi sederhana serta
menghasilkan gagasan yang luar biasa terhadap matematika. Inilah seni berpikir
kreatif dalam matematika. Kemampuan ini tidak dimiliki seseorang secara alami,
melainkan memerlukan proses, ketekunan dan proses kreatif di dalamnya. Seni
berpikir kreatif ini menjadikan seseorang bebas mengekspresikan kemampuan
matematikanya dalam menyelesaikan masalah matematika yang dihadapi secara
unik.
Samuel Johnson (Oslon, 1992: 271) menyatakan bahwa
keingintahuan adalah salah satu karakteristik yang paling permanen dan pasti dari
pikiran hebat. Para ahli matematika melalu keingintahuan, mereka mendapatkan
teorema, konsep dan prinsip matematika yang luar biasa. Demikian halnya dalam
penerapannya, matematika saat ini memiliki peran yang luar biasa, hanya saja
banyak orang yang tidak menyadarinya.
Seni berpikir kreatif dalam matematika ini dapat berkembang dan terus
berkembang sesuai dengan penemuan-penemuan dan perkembangan jaman.
Matematika sekarang telah berkembang sangat pesat dan penerapannya digunakan
dalam berbagai bidang kehidupan. Baik dalam sektor industri, perdagangan,
administrasi dan masih banyak bidang lainnya. Oleh karena itu mengembangkan
seni ini diperlukan oleh seorang guru atau calon guru khususnya, sebab
kemampuan ini akan diwariskan kepada generasi bangsa ini melalui pembelajaran
di dalam kelas. Guru yang kreatif akan membuat siswa termotivasi menjadi
kreatif. Bagi seorang matematikawan juga sangat perlu mengembangkan seni
berpikir kreatif dalam matematika guna mendapatkan inovasi-inovasi yang baru
dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadikan ilmu pengetahuan akan
berkembang dengan pesat. Meskipun demikian, perkembangan ilmu yang pesat
tanpa disertai karakter individu yang baik akan dapat menuntun manusia ke dalam
kehancuran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar